BAB V
- Apa sesungguhnya makna demokrasi bagi indonesia yang majemuk?
Jawab:
adalah sistem politik modern yang paling baik dari sekian banyak sistem
maupun ideologi yang ada dewasa ini, waalupun di indonesia sendiri
masih banyak yang masih kontra dengan pendapat ini.
- Apa yang harus anda lakukan untuk menjadikan Demokrasi sebagai pandangan dan komitmen bersama semua warga negara indonesia dalam kehidupan berbangsa dan bernegara?
Jawab
: meletakkan rakyat sebagai komponen penting dalam proses dan
praktek-praktek berdemokrasi, karenarakyat memiliki hak dan kewajiban
untuk melibatkan diri dan tidak melibatkan diri dalam semua urusan
sosial dan politik, dan lain-lain.
- Apakah
saudara menjumpai faktor-faktor pendukung demokrasi di lingkungan
(sekolah, kampus, pemda, dan negara) tempat saudara tinggal? Jika
ya sebutkan dan diskusikan, jika tidak sebagai warga negara yang
baik apa yang harus saudara lakukan?
Jawab:
Ya. Saya menemukannnya di kampus, contohnya saja pada saat lpemilihan
presiden dan wapres institut kemarin, di sana mreka di pilih dengan cara
yang demokrasi yakni semua mahasiswa berhak memilih (bebas, jujur, dan
adil). Apa yang menurut mereka lebih pantas untuk menjadi pemimpin dan
tentunya juaga iabisa membuat rakyat kampus merasakan sejahtera dan ini
semua juga kan dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat pula.
- Bagaiman sikap dan perilaku demokratis dipraktikkan dalam lingkungan saudara, misalnya dalam pemilihan ketua kelas anggota senat dan pemilihan kepala daerah?
Jawab:
contohnya saja dalam pemilihan ketua kelas, perilaku demokrati kita
lakukan yakni dengn cara semua siswa/ anggota dalam kelas tersebut ikut
serta dalam pemilihan ketua kelas tersebut, dan dengan tidak menggunakan
kecurangan atau sesuatu yang tidak sportif. Begitu juga dalm
penghitungan suara, harus adil, dan jujur, tidak boleh ada kecurangan /
kketidakjujuran/ ketidak adilan.
- Kapan sebuah negara di katakan demokratis? Diskusikan dan paa yang harus saudara lakukan jika saudara menjumpai prinsip-prinsip dan paramaeter demokratis belum sempurna?
Jawab:
suatu pemerintahan di katakan demokratis bila dalam mekanisme
pemerintahannya melaksanakan prinsip-prinsip demokrasi, prinsip-prinsip
dasar demokrasi itu, adalah persamaan, kebebasan, dan pluralisme.
- Apakah Indonesia memilki masa depan demokrasi? Jika ya jelaskan, jika tidak apa yang harus saudara lakukan dan apa akibatnya jika demokrasi tidak ada di Indonesia?
Jawab:
Ya. Saya kira di Indonesia memilki masa depan demokrasi, karena sejak
dahulu sam[ai sekarang juga msih berlaku demokrasi di Indonesia.
- Apakah Islam sejalan dengan prinsip-prinsip demokrasi, atau sebaliknya? Diskusikan hubungna Islam dan demokrasi dalam kontek Indonesia!
Jawab:
Ada yang berpendapat bahwa Islam sejalan dengan demokrasi, setelah
diadakannya penyesuaian penafsiran terhadap konsep demokrasi itu
sendiri, dan ada juga yang berpandapat bahwa Islam sejalan dengan
demokrasi karena Islam dan demokrasi adalah dua sistem yang berbeda.
Sedangkan hubungan Islam dan demokrasi dalam kontek indonesia adalah
saling berhubungan (dominan) dan berklaitan dalam kehidupan
bermasyarakat berbangsa dan bernegara.
- Jika dulu para tokoh muslim memandang sila pertama Pancasila, “ Ketuhanan Yang Maha Esa” sebagai sesuatu yang tidak bertentangan dengan prinsip tauhid Islam (keesaan Allah ), bisakah konsep demokrasi difahami sebagai sesuatu yang tidak bertentangan dengan prinsip shura (musyawarah) dalam Islam? Diskusikan!
Jawab:
Ya bisa. Karena inti dari berdemokrasi itu juga adalah bermusyawarah
dalam menentukan sesuatu yang menyangkut kepentingan bersama.
BAB VI & VII
- Mengapa otonomi daerah dan desentralisasi menjadi pilihan bangsa Indoneia dalam penyelenggaraan pemerintahan di daerah?
Jawab:
Diantaranya adalah untuk terciptanya efisiensi dan efektivitas
penyelenggaraan pemerintahan, sebagai sarana pendidikan politik,
pemerintahan daerah sebagai persiapan untuk karir politik lanjutan.
- Dalam sistem pemerintahan daerah di Indonesia dikenal dengan pemerintahan daerah khusus, pemerinyahan daerah istimewa, dan otonomi khusus. Diskusikan mengapa hal itu terjadi dan apa yang dimilki oleh pemerintahan daerah tresebut?
Jawab:
Hal itu terjadi karena dalam daerah-daerah tersebut diatas memiliki
keistimewaan dan kekuasaan yang lebih baik dalam pemerintahannya di
bandingkan dengan daerah-daerah lain yang tidak memiliki tittle-tittle
diatas.
- Bagaimana pelaksanaan kebijakan otonomi daerah selama ini? Apa faktor- faktor pendukung dan penghambat keberhasilan pelaksaan kebijakan otonomi daerah?
Jawab: sudah cukup bagus, walaupun dibaliknya masih saja ada daerah-daerah yang belum jadi daerah otonom.
Faktor
pendukung kebehasilan pelaksanaan kebijakan otonomi daerah adalah
adanya dukungan dari pemerintah juga dari undang-undang. Dan yang
menghambatnya adalah adanya kesalahfahaman yang terkait dengan
kebijakan dan implementasi otonomi daerah.
- Apa yang saudara lakukan jika menjumpai peraturan-peraturan daerah (PERDA) berlawanan dengan semangat NKRI?
Jawab:
Sebisa mungkin kita mengingatkan pemerintah daerah terlebih dahulu
tentang peraturan-peraturan tersebut yang telah berlawanan dengan
semangat NKRI agar menyelaraskan peraturan-peraturan daerah dengan
semangat NKRI selama ini.
- Bagaimana bentuk partisipasi masyarakat untuk kesuksesan otonomi daerah?
Jawab:
dengan terus menjaga kelestarian dan keamanan daerahnya ynag sudah
otonom. Maupun yang belum dan tidak merusak atau bertindak seenaknya
sendiri.
- Bagaimana pola hubungan kewenangan antara pemerintah pusat dan kabupaten atau kota dalam kerangka otonomi daerah di Indonesia?
Jawab:
pemerintah pusat berwenang melakukan pengawasan terhadap daerah otonom
yang mana juga diimbangi dengna kewengan daerah otonom yang lebih besar
atau sebaliknya, dan setiap perda pun memerlukan persetujuan pusat untuk
dapat berlaku/ bertindak.
- Bagaimana pola hubungan keuangan antar pemerintah pusat, propinsi dan kabupaten atau kota dalam kerangka otonomi daerah?
Jawab:
Masalah keuangan yang ada di propinsi dan kebupaten atau kota, semuanya
itu masih dibawah naungan pemerintah pusat. Jadi mereka harus minta
persetujuan pemerintah pusat dan pertimbangnannya.
8. Bagaimana
analisa saudara tentang pemilihan kepala daerah melalui PILKADA
langsung dalam kaitan dengan otonomi daerah dan demokratisasi lokal?
Jawab:
Menurut saya, pemilihan kepala daerah melalui PILKADA langsung itu juga
berkaitan dengan otonomi daerah dan demokratisasi lokal karena
mempengaruhi dengan daerah kekuasaannya kelak.
BAB VIII
1. Apakah HAM bersifat kontekstual atau universal? Jelaskan!
Jawab:
Ya. HAM bersifat kontekstual ketika berbenturan dengan nilai-nilai
lokal dan HAM bersifat Universal itu karena semua nilai termasuk
nilai-nilai HAM, naah ini bersifat universal dan tak bisa
dikodifikasikan sesuai dengan perbedaan budaya dan sejarah tertentu.
2. Menurut saudara, bagaimanakah perspektif Islam tentang HAM?
Jawab:
Disini Islam membenarkan HAM. Karena dalam islam menusia adalah sebagi
makhluk yang paling sempurna dan harus dimuliakan. Jaid disini manusia
memiliki hak perrlindungan, penghormatan dan masih benyak lagi.
3. Apa yang
menyebabkan terjadinya ketidakadilan gender? Apa dampak buruk dari
ketidakadilan tersebuit dalam kaitan penegakan HAM?
Jawab: Karena wanita dianggap lebih lemah daripada laki-laki, dan wanita lebih identik di rumah dari pada di luar rumah.
Atas ketidak adilan itu timbullah kesadaran untuk melakukan perlawanan yang kemudian melahirkan gerakan Feminisme.
4. Bagaimana
pendapat dan sikap saudara terhadap hukuman mati yang diterapkan
dibeberapa negara dalam kaitan dengan penegakan HAM?
Jawab:
Menurut saya, HAM ya HAM. Tapi kalau masalah hukuman mati, itu adalah
sudah resiko dari perbuatannya sendir, dan dengna hukuman mati itu juga
termasuk dalam penegakan HAM. Karena ditakutkan jika orang yang di hukum
mati tersebut masih tetap hidup dan tidak di hukum mati, dia akan
merajalela, dan akan mempengaruhi HAM orang lain, seperti hak untuk
hidup.
5. Apa yang saudara lakukan bila menemukan pelanggaran HAM di daerah?
Jawab:
sebisa mungkin meluruskan kembali pelanggaran tersebut dan dan si
pelaku pelanggaran sebisa mungki dihukum yang sesuai dengan yang telah
dilakukannya.
6. Apakah kasus pembunuhan aktivis HAM Munir dapat di kategorikan sebagi pelanggaran HAM?
Jawab: mungkin di situ sisi bisa dikategorikan pelanggaran HAM, dan disisi lain tidak di kategorikan pelanggaran HAM.
7. Langkah apakah yang harus diambil oleh warga negara dalam penegakan HAM di Indonesia?
Jawab:
dengan tidak menyalahgunakan atau hanya mementingkan haknya saja dan
tidak memenuhi kewajibannya sebagi warga negara. Tapi juga memanuhi
kewajiban, maka dia juga berhak mendapat perlindungan dan sebagainya
sebagi warga negara, juga tidak membunuh hak orang lain.
8. Apakah kelembagaan komnas HAM perlu di bentuk pada setiap pripinsi dan kabupaten atau kota di Indonesia?
Jawab:
ya, saya rasa itu memang perlu, karena yang memiliki HAM tidak hanya
yang di pusat saja, melainkan juga seluruhnya warga , baik yang ada di
propinsi, kabupaten maupun kota sampai yang paling pelosok/penjuru.
9. Apakah kelembagaan peradilan HAM perlu dibentuk pada setiap propinsi dan kabupaten atau kota di Indonesia?
Jawab:
YA, saya rasa peradilan HAM perlu juga di bentuk, karena seluruh dan
setiap warga negara juga memiliki HAM dana lain-lain.
BAB IX
1. Mengapa masyarakat madani diperlukan dalam membangun tata kehidupan bermasyarajat, berbangsa, dan bernegara yang demokratis?
Jawab:
karena jika seperti dilohat dari salah satu definisinya, tujuannya
adalah menciptakan peradaban yang mengacu kepada nilai-nilai kebijakan
bersama, dan disamping itu juga dasar utam masyarakat madani itu sendiri
adalah persatuan dan integrasi sosial.
2. Faktor-faktor apa saja yang diperlukan sebuah bengsa dalam membangun masyarakat madani?
Jawab:
Menurut saya faktor-faktornya dioantaranya, masyarakat/warga yang
bermoral, yang memilki keinginan kuat untuk mencapai masyarakt madani.
Begitu juga dengan fasilitas negara yang ada yang bisa mendukung
tercapainya masyarakat madani.
3. Peran apa
saja yang bisa dilakukan oleh organisasi kemasyarakatan(ormas) dan
lembaga swadaya masyarakat (LSM) dalam membangun masyarakat madani di
Indonesia ?
Jawab:
Mereka dengan sukarela berniat serta bergerak di bidang kegiatan
tertentu yang di tetapkan oleh organisasi/lembaga sebagai wujud
partisipasi Masyarakat dalam meningkatkan taraf hidup masyarakat dan
kesejahteraannya. Mereka bekerja tidak hanya untuk melayani diri
senndiri atau anggota-anggota, tetapi untuk melayani masyarakat yang
membutuhkannya.
4. Menurut saudara apa yang perlu dilakukan oleh suatu bangsa dalam melakukan transformasi budaya menuju masyarakat madani?
Jawab:
dengan masih tetap menjaga budaya sendiri, tidak sampai melunturkan
apalagi menghilangkan budaya sendiri. Dan menerima budaya asing
mengambil dari segi positifnya saja.
5. Menurut saudara apakah Indonesia mempunyai modal sosial untuk membangun masyarakat madani?
Jawab:
Ya, dilihat dari penduduk/masyarakat/warganya yang berjiwa sosial yang
cukup tinggi, dan itu bisa saja menjadi modal sosial untuk membangun
masyarakat madani bagi Indonesia.
6. Menurut
saudara apakah pemaksaan kehendak oleh suatu kelompok terhadap kelompok
lain merupakan karakteristik masyarakat madani?
Jawab:
tidak. Karena untuk menuju masyarakat madani harus adanya wilayah
publik yang bebas, demokrasi, toleransi, pluralisme, dan lain-lain. Jadi
kalau terdapat pemaksaan antar kelompok maka tidak akan terwujud
masyarakat madani tersebut. Malah kita semua kana terpisah, dan bercerai
berai.
7.Jika saudara
sebagi penggerak salah satu ORMAS, apa yang akan anda lakukan jika ada
kebijakan pemerintah yang merugikan kelompok saudara?
Jawab:
jika memang kebijakan tersebut tidak merugikan masyarakat di segala
penjuru, (hanya merugikan saya saja). insyAllah saya ikhlas, karena
ormas itu di bentuknya oleh anggota masyarakat secara sukarela atas
dasar kesamaan kegiatan, profesi, fungsi, agama, dan kepercyaan terhadap
Tuhan Yang Maha Esa.
8. Dalam era pers yang bebas, apakah pers bebas untuk melakukan apa saja sesuai denga idealisme dan misi bisnisnya?
Jawab:
Ya, bisa ya juga bisa tidak. Mungkin terkadang sesuai dengan idealisme
dan misi bisnisnya. Dan mungkin bisa saja tidak sesuai.
9. Dalam
konteks Indonesia yang sedang mengalami krisis ekonomi pad asatu sisi
dan sedang membangun negara demokrasi di sisis lain, apa yang menjadi
prioritas mendahulukan pembangunan masyarakat madani atau kesejahteraan
ekonomi masyarakat?
Jawab: mungkinj dengan menyeimbangkan PBB, BBM, dengan pendapatan/ penghasilan masyarakat dn juga lapangan pekerjaan.
10. Bagaimana
agar gerakan ormas (valuntaristik) berada dalam koridor kebhinekaan,
toleransi, dan anti kkerasan? Dalam kerangka masyarakat maani?
Jawab:
dengan menjalankan amanat sesuai yang di amanatkan dan mendukung
kesejahteraan masyarakat, tidak menyeleweng dari amanat, bekerja dengan
sepenuhnya karena pada dasarnya ormas itu di bentuk karena dari
sukarela atas dasar kesamaan kegiatan, profesi dan lain-lain.
~~~
sumber : barhoya blogspot dot com
~~~
sumber : barhoya blogspot dot com
komentar anda akan sangat membantu untuk perkembangan blog agar lebih maju